Sejarah Temulawak Dan Manfaatnya

Sejarah Temulawak Dan Manfaatnya

Temulawak merupakan tanaman atau tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu temuan. Tanaman ini asli berasal dari indonesia, khususnya di pulau jawa. Dan akhirnya tanaman temulawak ini menyebar, dan menyebarnya pun sangat cepat sampai ke wilayah malesia. Bahkan bukan di wilayah asia tenggara saja temulawak ini di kenal bahkan sampai ke jepang, china, india dan korea. Juga beberapa negara eropa.

Namun temulawak ini di sebutan daerah masing masing itu berbeda contohnya di sunda namanya koneng gede, sedangkan di madura sendiri temulawak ini di sebut dengan temu labak. Temulawak ini bisa tumbuh dengan baik pada area dataran rendah.

Temulawak memiliki kandungan senyawa aktif di dalamnya diantaranya berupa fellandrean dan turmerol atau yang sering kita sebut minyak menguap. Temulawak ini bermanfaat sebagai anti inflamasi anti radang dan anti keracunan ampedu.

Temulawak ini banyak manfaatnya untuk sembuhkan berbagai penyakit khususnya untuk mengatasi batu empedu. Temulawak tidak jauh berbeda dengan jahe dan kunyit sama memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Sampai saat ini temulawak masih di percaya untuk mengatasi berbagai penyakit seperti liver, hepatitis, meningkatkan produksi cairan empedu, membantu melancarkan pencernaan, mengatasi radang empedu, dan meluruhkan batu empedu.

Maka temulawak aman di konsumsi dalam jangka waktu yang singkat hingga 18 minggu. Tetapi temulawak tidak aman di gunakan dalam jangka waktu yang lama karena dapat menyebabkan iritasi lambung dan mual. Kalau untuk di jadikan pengobatan batu empedu temulawak sangat aman di konsumsi oleh anda, supaya batu empedu cepat teratasi.

Jika sejarang anda sedang mengalami penyakit batu empedu, dan anda ingin sekali untuk mengobatinya dengan temulawak. Anda tidak usah bingung untuk mendapatkan temulawak, sekarang sudah banyak orang yang berjualan ramuan tradisional temulawak.

Bahkan di pasar sekarang banyak yang menjual temulawak, jika anda ingin mebuatnya sendiri di rumah, maka anda bisa membeli temulawaknya langsung di pasar. Tapi jika anda males membuatnya, anda bisa membelinya langsung pada orang yang suka berjualan ramuan temulawak. Kalau di sunda di sebutnya yaitu jamu.

Lebih baik anda membeli saja temulawaknya dan membuat di rumah sendiri. Jika belum mengetahui cara membuat ramuan dari temulawak simak di bawah ini.

Cara Membuat Ramuan Dari Temulawak

Langkah pertama dalam membuat ramuan dari temulawak anda harus menyediakan semua bahan atau alat yang akan di perlukan seperti gelas, pisau dan wadah yang akan di jadikan pemanas untuk temulawak.

Kemudian temulawak tersebut harus sudah halus ketika mau di panaskan, siapkan air secukupnya. Jika temulawak itu sudah halus masukan ke dalam air yang mendidih. Jika godogan air temulawak itu sudah mendidih, maka tuangkan pada gelas dan simpan menunggu dingin sedikit jangan terlalu dingin.

Dan jika anda tidak ingin ribet dalam mengobati batu empedu maka bisa menggunakan obat penghancur batu empedu di apotik yang bisa anda konsumsi langsung.

Itulah informasi dari sejarah temulawak dan manfaatnya, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.