Muncul Benjolan Di Tubuh Tapi Tidak Sakit Apakah Itu Berbahaya ??

Muncul benjolan di tubuh tapi tidak sakit apakah itu berbahaya ??

Memang tak dapat dipungkiri pada saat seseorang menemukan suatu benjolan aneh yang tiba-tiba muncul pada tubuhnya, ia kerap kali merasa khawatir. Takut bilamana benjolan tersebut adalah kanker atau merupakan benjolan yang berbahaya. Namun sebenarnya perlu Anda ketahui kalau tidak setiap munculnya benjolan tidak lazim pada tubuh itu berbahaya.

Muncul Benjolan Di Tubuh Tapi Tidak Sakit Apakah Itu Berbahaya ??

Dari sebagian besar kasus benjolan yang terjadi, kebanyakan kasus benjolan ini merupakan benjolan lipoma. Lipoma sendiri merupakan suatu jenis benjolan tumor jinak pada lapisan lemak atau non-kanker. Yang artinya lipoma ini tidak begitu berbahaya seperti benjolan yang terjadi karena kanker. Namun bukan berarti benjolan ini tidak perlu di obati.

Benjolan lipoma sendiri diketahui kerap menggangu aktivitas seseorang, terlebih bilamana benjolan yang terjadi sudah cukup besar.

Pada umumnya benjolan lipoma ini hanya tumbuh sampai diameter 5 cm, dan itu juga dengan pertumbuhan yang terbilang lambat. Namun pada beberapa kasus memang terkadang dapat mencapai lebih dari 5 cm. Lipoma yang berdiameter lebih dari 5 cm sendiri, diperkirakan ada kaitannya dengan suatu penyakit langka seperti penyakit sindrom cowden.

Pada umumnya benjolan lipoma sendiri muncul pada area seperti ketiak, paha, lengan, alis, punggung, hingga paha, meskipun memang benjolan ini juga terkadang dapat terjadi pada bagian tubuh lainnya.

Lipoma ini juga memiliki karakteristik seperti terasa lembek bilamana di tekan. Dan bilamana benjolan terus ditekan, maka benjolan juga dapat bergeser sedikit. Biasanya benjolan lipoma juga tidak menyebabkan rasa sakit, namun memang pada beberapa kasus lipoma juga dapat disertai dengan rasa sakit.

Lipoma yang di sertai dengan rasa sakit sendiri biasanya terjadi pada seseorang yang berkemungkinan menderita menyakit langka, entah itu karena adiposis dolorosa ataupun penyakit mendelung.

Penyebab dari munculnya benjolan lipoma sendiri sampai saat ini belum diketahui secara pasti. Namun banyak dokter memperkirakan kalau beberapa hal berikut ini adalah factor yang dapat meningkatkan resiko seseorang alami benjolan lipoma.

Adapun faktor tersebut adalah seperti menderita adiposis dolorosa (biasanya lipoma yang terjadi akan terasa sakit), sindrom cowden (lipoma yang terjadi biasanya dapat berukuran berdiameter lebih dari 5 cm), mendelung (lipoma yang terjadi biasanya akan terasa teramat sakit), faktor keturunan / sindrom gardner, obesitas, berusia 35-60 tahun, pola hidup dan metabolisme kimia.

Benjolan lipoma sendiri memang dapat mengganggu penampilan dan aktivitas seseorang, terlebih lagi bilamana benjolan yang terjadi sudah cukup besar. Tak hanya mengganggu penampilan dan aktivitas saja, pada beberapa kasus juga lipoma ini kerap kali menimbulkan rasa sakit. Meskipun memang pada umumnya lipoma tidak menimbulkan rasa sakit.

Karena hal ini jugalah dahulu kebanyakan penderita lipoma ini memutuskan untuk melakukan pengobatan lipoma dengan tindakan operasi. Meskipun memang harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Namun beruntung bagi Anda yang saat ini menderita lipoma dan berkunjung kehalaman ini, karena dewasa ini sudah di temukan suatu obat guna mengatasinya. Terlebih lagi obat lipoma tersebut berjenis herbal yang tergolong minim sekali akan efek samping.

, , , , , , ,