Manfaat Merica untuk Kesehatan

Manfaat Merica untuk Kesehatan

Manfaat Merica untuk Kesehatan

Merica atau lada merupakan jenis rempah-rempah yang sering digunakan sebagai penambah rasa makanan agar tetap lezat dan nikmat untuk disantap. Tetapi, manfaat kandungan yang ada didalam merica bukan hanya sebagai bahan penyedap saja. Melainkan sangat berkhasiat, untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat merica untuk kesehatan tubuh antara lain seperti :

  1. Mengurangi rasa nyeri

Merica atau lada hitam tentunya yang paling sering digunakan, karean memiliki zat capsaicin yang dapat memberikan efek panas sehingga sering dijadikan obat oles untuk mengurangi rasa sakit akibat jatuh keseleo atau kejang.

  1. Menurunkan berat badan

Berkat kandungan zat capcaisin tersebut, juga membantu membakar lemak didalam tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan yang berlebih secara alami.

  1. Mengobati penyakit arthritis

Tak hanya meringankan rasa sakit, zat capcaisin juga bisa mencegah dan melindungi tubuh dari penyakit arthritis. Zat tersebut bisa berperan sebagai antiinflamasi, sehingga bisa meredakan akibat pembengkakan pada otot, radang sendi dan rasa nyeri yang tak tertahankan.

  1. Mengobati sakit kepala

Khasiat yang terdapat pada merica, memang dikatakan ampuh dalam mengatasi sakit dibagian kepala. Dibantu dengan zat capcaisin didalamnya, mampu menjadi penghalang transmisi sehingga sakit dibagian kepala dapat dihilangkan dan dicegah dengan alami.

  1. Menyembuhkan batuk dan sakit dibagian tenggorokan

Mengkonsumsi merica bubuk yang dicampurkan dengan madu murni, ternyata mampu memberikan efek kelegangan dibagian tenggorokan. Hal tersebut dilakukan karena pencampuran merica dan madu murni, memiliki zat antibiotik yang dapat menyembuhkan batuk dan sakit ditenggorokan dengan sangat mudah.

  1. Mengatur tekanan darah

Merica atau lada, memang memiliki senyawa flavonoid, vitamin A dan C yang dapat mengatur tekanan darah dengan baik. Cukup dengan menambahka merica pada setiap hidangan makanan, ternyata baik dikonsumsi untuk bisa mengendalikan tekanan darah yang tinggi.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tak hanya bisa mengendalikan tekanan darah, kandungan vitamin dan flavonoid didalam merica juga mampu melawan organisme didalam tubuh serta sistem kekebalan tubuh dapat dihilangkan oleh sifat antioksidan alami.

  1. Sebagai sumber mineral

Selain kandungan tersebut, merica juga memiliki kandungan mineral yang dapat mensehatkan tubuh sehingga tubuh akan tetap segar dan tidak mudah kelelahan.

  1. Menurunkan gula darah

Merica memang sering dijadikan bahan penyedap rasa, tetapi khasiat dari pada merica ini selain meningkatkan metabolisme didalam tubuh ternyata mampu menurunkan kadar glukosa didalam darah. Cukup dengan mencampurkan susu hangat dan sedikit merica setiap hari, dapat mengontrol glukosa didalam darah.

  1. Sebagai obat sakit gigi

Sifat antioksidan yang berada didalam merica ini, juga ikut berperan dan bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat sakit gigi. Sifat tersebut akan membunuh bakteri dan kuman yang merupakan penyebab sakit gigi. Cukup dengan mencampurkan merica, garam dan minyak cengkeh juga dapat menenangkan saraf pada gigi yang ngilu.

  1. Mensehatkan mata

Tak dengan itu, sifat antioksidan didalam merica ini juga ikut membantu mensehatkan indra penglihatan manusia. Mencampurkan dengan sedikit bubuk almond, terbukti ampuh dapat meningkatkan penglihatan manusia serta mata akan terjauhi dari penyakit katarak.

  1. Mencegah terjadinya penyakit kanker kulit

Khasiat lain didalam merica, juga bisa melindungi kulit dari paparan radiasi sinar UV. Perlu kita ketahui, bahwa sinar UV inilah pemicu utama yang dapat menyebabkan kulit mengalami kanker atau disebut kanker kulit.

Itulah beberapa manfaat dari sebuah merica, yang tak hanya sebagai bahan penyedap rasa saja. Melainkan dapat mengobati penyakit, mengatasi permasalahan mata, rambut dan bisa dijadikan untuk keperluan sehari-hari lainnya. Ingat, usahakan pemakaian merica ini jangan terlalu berlebihan sebab dapat mengiritasi bagian usus Anda. Semoga bermanfaat J