Bukan Sekadar Hobi, Ini 7 Manfaat Merajut Untuk Kesehatan

Selain produktif menghasilkan karya yang indah, hasil rajut memiliki keunikan tersendiri lantaran bukan produksi massal. Tak hanya itu, tidak sedikit pengrajin yang memanfaatkan kreasi rajut untuk dijadikan bahan jualan yang cukup menguntungkan. Tapi, tahukah anda bahwa ada manfaat merajut untuk kesehatan, jadi bukan sekadar sebuah hobi biasa, melainkan hobi itu juga bermanfaat untuk kesehatan pikiran dan tubuh. Aneh kan, tapi ini fakta nya.

Manfaat Merajut Untuk Kesehatan

Bukan Sekadar Hobi, Ini 7 Manfaat Merajut Untuk Kesehatan

Berikut inilah 7 manfaat merajut untuk kesehatan diantaranya :

  • Perangsang motorik yang baik

Stimulasi yang di dapat dari kegiatan ini umumnya hampir seluruh bagian otak, mulai dari perencanaan yang membutuhkan konsentrasi, sebuah informasi navigasi, visual, memori dan juga motorik.

Oleh sebab itu, merajut dianjurkan dilakukan anak-anak yang mengalami gangguan dengan keahlian motorik maupun penderita dengan keluhan parkinson.

  • Penghalau galau

Mungkin belum ada studi khusus yang menunjukkan bahwa merajut bisa menghilangkan perasaan galau pada seseorang. Tapi pasalnya, merajut adalah sebuah kegiatan yang bisa menyita konsentrasi seseorang layaknya kegiatan olahraga maupun lainnya. Dimana dengan memusatkan perhatian pada suatu hal yang anda suka, maka akan tercipta suatu kondisi mental yang tenang serta jauh dari rasa galau.

  • Pelepas lelah tubuh

Suatu pergerakan yang repetitif dan juga santai ketika merajut mampu menenangkan, tak hanya untuk kinerja otak melainkan pula untuk tubuh. Hal ini karena pergerakan tersebut mendatangkan relaksasi pada otak yang mempunyai efek positif pula pada penat tubuh.

  • Anti depresan alami

Meski belum banyak diketahui, akan tetapi kegiatan merajut dapat mengaktifkan bagian otak yang memicu pelepasan dopamine atau salah satu sel kimia dalam otak yang sering di kenal sebagai anti depresan alami.

  • Menurunkan detak jantung

Sebuah study yang dilakukan oleh Harvard Medical School’s Mind and Body Institute tahun 2007 menjelaskan bahwa merajut dapat menurunkan detak jantung dan menginduksi kondisi tenang.  

  • Pencegah Arthritis dan Tendonitis

Kehebatan merajut lagi-lagi tak hanya berhenti pada pengaruh otak, ternyata merajut mempunyai manfaat yang menguntungkan pada jemari dan tangan, termasuk mencegah terjadinya penyakit arthritis dan juga tendonitis. Oleh sebab itu, merajut bisa menjadi olahraga yang baik untuk jari, tagan dan lengan sehingga sendi tetap terjaga dengan baik sekaligus mengurangi risiko arthritis.

  • Memperlambat penurunan kognitif

Hobi merajut juga dapat merangsang otak untuk tetap sehat. Hasil riset dari Mayo clinic menunjukkan seseorang yang terlibat ke dalam kegiatan kerajinan, salah satunya merajut kemungkinan akan lebih kecil mempunyai masalah kognitif ringan dibandingkan mereka yang tidak merajut.

Layaknya hobi lainnya, semua kegiatan positif umumnya akan mendatangkan manfaat baik bagi yang melakukannya. Tapi tak bisa kita pungkiri manfaat merajut diatas sangat luar biasa bagi kesehatan yang belum tentu bisa anda dapatkan dari kegiatan lainnya. Maka dari itu, apabila ingin memilih hobi batu, merajut menjadi solusi paling tepat untuk anda.

Sekian artikel kesehatan yang bisa kami sajikan kali ini mengenai Bukan Sekadar Hobi, Ini 7 Manfaat Merajut Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi anda.