Bumbu Dapur yang Berkhasiat Untuk Kesehatan

Bumbu Dapur yang Berkhasiat Untuk Kesehatan

Bumbu Dapur yang Berkhasiat Untuk Kesehatan

Lada atau Piper Albi Linn ini merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang sering digunakan sebagai penyedap rasa dalam setiap hidangan makanan.  Selain dijadikan bahan masakan, lada atau orang menyebutnya merica ini rupanya memiliki kandungan manfaat baik jika dikonsumsi.

Meskipun rasanya pedas, hangat, sedikit pahit dan atipiretik saat dikonsumsi tetapi lada ini memiliki sejuta manfaat untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Manfaat tersebut seperti :

  • Anti kanker

Meskipun lada terasa pahit dan pedas, tetapi kandungan yang terdapat pada lada ternyata bisa melindungi tubuh dari pertumbuhan penyakit kanker. Lada memiliki zat seperti flavonoid, piperine, vitamin A dan C yang berguna untuk menghambat perkembangan sel kanker aktif.

  • Sebagai antitoksin didalam tubuh

Selain sebagai anti kanker, lada atau merica ini memiliki sifat yang dapat membuat seseorang sering buang air kecil dan mengeluarkan keringat. Dan hal tersebut, akan memudahkan tubuh mengeluarkan toksin dengan baik.

  • Melancarkan sistem pernafasan

Menurut ahli pengetahuan, lada memang sering digunakan sebagan bahan tambahan tonik untuk pengobatan batuk dan pilek. Hal tersebut dilakukan, karena lada memiliki kandungan ekspektoran yang dapat menghancurkan dahak dan lendir disaluran pernafasan. Sehingga akan membantu Anda untuk memudahkan pengambilan nafas dan bisa menghindari dari gangguan pernafasan lainnya seperti sinusitis.

  • Melancarkan sistem pencernaan

Sebagai penyedap rasa, tentunya membuat Anda akan terus menambah selera makan. Dan hal tersebut juga memberi efek penting karena dapat meningkatkan sekresi asam klorida didalam perut. Kegunaan adanya asam tersebut, memang sangat diperlukan untuk mencerna protein dan komponen makanan yang lainnya didalam perut.

Tetapi, bila asam klorida tidak mencukupi maka makanan tidak akan mudah dicerna dengan baik. Dan hal itu dapat mengakibatkan pencernaan terganggu seperti diare, kentut, perut kembung, sembelit dan usus mengalami iritasi.

  • Mengurangi gejala rematik

Pasalnya, rematik memang diakibatkan oleh kelebihan garam, asam urat, air yang dapat menyebabkan terjadinya iritasi, nyeri, peradangan, rasa sakit dan kemerahan didalam sendi. Berhubungan lada dapat mengurangi gejala rematik, lada ini memiliki kandungan minyak essensial yang dapat membuang sisa-sisa zat racun, simpanan air yang berlebihan, kalsium dan asam urat melalui urine.

  • Sebagai anti bakteri

Lada memiliki sifat anti bakteri, karena dapat melawan gigitan serangga dan infeksi. Menaburi bubuk lada pada hidangan makanan, konon dapat menjaga arteri agar tetap bersih. Dan lada tersebut akan menghilangkan kolesterol jahat didalam tubuh, sehingga resiko akibat stroke dan jantung dapat diturunkan dengan baik.

  • Menjaga dan mensehatkan kulit

Menurut para ahli peneliti di London, lada memiliki kandungan piperine yang dapat membantu kulit untuk memproduksi pigmen. Dan piperine ini, kemungkinkan besar dapat mencegah kulit tubuh Anda terhindari dari paparan sinar UV yang dapat mengakibatkan kanker kulit.

  • Mencegah terjadinya penuaan dini

Dikatakan memiliki sifat antioksidan, lada ini akan lebih mampu melindungi tubuh Anda dari penuaan dini. Kulit yang terlihat keriput, degenerasi makula, bintik hitam dan hilangnya memori dimasa tua akan dapat tercegahi jika Anda menambahkan lada tersebut kedalam masakan Anda.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat yang terdapat pada lada. Ingat, meskipun lada sering digunakan tetapi batasilah penggunaan lada sewajarnya saja. Dan hal tersebut dilakukan agar usus akan tetap sehat dan tidak mengalami iritasi yang cukup serius. Semoga bermanfaatJ